Semua orang mengimpikan warna gigi yang putih. Sayangnya, merawat gigi agar warnanya tidak berubah bukan hal yang mudah dengan semua makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Daripada menghabiskan banyak biaya untuk memutihkan gigi, mengapa tidak mencari tahu penyebab berubahnya warna gigi dan menghindarinya? Dilansir dari huffpost.com, Jumat (18/1/2019), berikut ini adalah beberapa hal yang dihindari karena bisa memengaruhi warna gigi.

1. Diet yang tidak baik

Minuman seperti kopi dan anggur merah jelas memberi pengaruh besar terhadap warna gigi. Tidak hanya itu, makanan dan minuman yang sangat asam dan sangat manis, seperti jeruk, soda, dan permen cenderung melemahkan enamel dan mengekspos dentin, zat kekuningan di bawah gigi yang membentuk lapisan kedua dari gigi. Selain itu, blackberry, teh hitam, dan anggur putih juga dapat menyebabkan perubahan warna seiring berjalannya waktu, jika sering dikonsumsi.

2. Jarang menyikat gigi

Menyikat gigi adalah satu rutinitas penting yang wajib dilakukan sejak dini. Dua kali dalam sehari, terutama setelah makan atau minum sesuatu.

3. Terlalu sering menyikat gigi

Sebuah penelitian pernah mengkalim bahwa pasta gigi justru dapat mengubah warna gigi menjadi lebih gelap jika terlalu sering digunakan. Banyak produk pasta gigi dibuat dari bahan abrasif yang bekerja menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Jika digunakan dalam jumlah yang seharusnya, produk ini memang dapat bekerja tanpa merusak enamel, namun jika terlalu sering, makan dentin kuning akan terekspos. Berapa kali kamu menyikat gigi dalam sehari?

Secara genetis, gigi memang telah berwarna kuning atau gelap

Ilustrasi gigi. Sumber foto: unsplash.com/Vinicius Wiesehofer.

4. Secara genetis, gigi memang telah kuning

Tidak semua enamel gigi diciptakan sama. Beberapa orang memiliki warna gigi yang putih bersih, sedangkan beberapa orang lainnya memiliki warna gigi yang lebih kuning atau gelap.

5. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Obat tidak hanya dapat mengatasi penyakit tertentu, namun juga memiliki efek samping untuk menggelapkan warna gigi. Obat yang dikonsumsi akan masuk dan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah, termasuk ke gigi.

6. Merokok

7. Bertambah tua

Bertambah tua juga dapat menyebabkan enamel gigi kehilangan warna putihnya. Apa sekarang gigi sudah mengalami perubahan warna?