Penyerang Barcelona Lionel Messi sepertinya bakal menjadi Top Score Liga Champions musim ini  setelah Ajax Amsterdam dikalahkan Tottenham Hotspurs pada leg kedua semifinal di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Rabu (8/5) malam waktu setempat.

Messi berada di puncak daftar top skor Liga Champions musim ini dengan torehan 12 gol mustahil untuk dikejar. Sebelumnya Dusan Tadic (6 gol) menjadi pesaing terdekat Messi gagal menambah torehan gol setelah Ajax dikalahkan Tottenham 2-3 pada leg kedua semifinal dini hari tadi. 

Dengan gagal lolosnya Ajax membuat dua pemain Tottenham Hotspur, Lucas Moura dan Harry Kane, yang menjadi pesaing terdekat Messi dengan torehan enam gol. Dengan Kane hampir pasti absen di final karena cedera engkel, maka tinggal Moura yang menjadi pesaing terdekat.

Sulit bagi Moura untuk bisa melewati catatan gol Messi. Penyerang asal Brasil itu harus mencetak tujuh gol di laga final untuk bisa menjadi top skor Liga Champions musim ini. Begitu juga Kane jika dinyatakan bisa memperkuat Tottenham di laga final. 

Di posisi kedua daftar top skor Liga Champions musim ini ada Robert Lewandowski. Penyerang Bayern Munchen itu mengoleksi delapan gol.

Final Liga Champions Tottenham vs Liverpool dijadwalkan berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, pada 1 Juni 2019 waktu setempat atau 2 Juni dini hari WIB.