Kabar tentang hengkangnya Mohammad Kautsar Hikmat atau akrab dipanggil Uki gitaris NOAH, ternyata benar. Pada Kamis (8/8/2019) malam, melalui akun Instagram-nya @uki_kautsar, secara resmi Uki mengumumkan pengunduran dirinya dari band yang telah membesarkan namanya itu.

Lewat akun instagramnya Uki mengunggah beberapa foto, di antaranya surat pernyataan mengundurkan diri. "Good friends never say goodbye, they simply say 'see you soon'. #keterkaitanketerikatan," tulis Uki disertai tagar judul album teranyar NOAH sekaligus terakhir baginya pada kamis malam. Uki juga tak lupa mengucapkan terima kasih yang begitu dalam kepada seluruh rekan-rekannya yang telah menemaninya berkarier di belantika musik Indonesia selama 19 tahun.

"Bor (panggilan akrab Ariel NOAH), terima kasih sebesar-besarnya. Hari ini saya melepaskan diri dari NOAH. Terima kasih kepada semua yang ada di NOAH, Lukman, David, semua tim produksi NOAH, Bu Acin yang sudah sangat baik dan pengertian," tulis Uki dalam surat tersebut. "Terima kasih semua yang di Musica Studio, Artis Management-nya, Sahabat NOAH, dan semua orang yang sudah ikut dalam perjalanan ini. Saya doakan yang terbaik untuk kalian semua," sambungnya.

Uki sendiri telah tergabung dalam NOAH sejak band tersebut masih bernama Peterpan. Pada tahun 2000 saat band ini berdiri, anggotanya terdiri dari Ariel, Uki, Lukman, Reza, Andika, dan Indra. Setelah itu, di tahun 2012, band ini resmi berganti nama sebagai NOAH, yang terdiri dari Ariel, Uki, Lukman, dan David.