Siapa yang tidak mengenal tanaman lidah buaya. Selain dijadikan sebagai manisan yang sangat segar, tanaman lidah buaya juga memiliki khasiat untuk dijadikan bahan obat-obatan tradisional.

Lidah buaya termasuk tanaman yang memiliki banyak kandungan zat seperti kandungan senyawa biologis aktif, mannans asetat, polymannans, antrakuinon, berbagai lektin dan zat saponin dan senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri, dan berkhasiat sebagai anti inflamasi, laksatif, stomakik, ekspektoran. Tanaman ini memiliki khasiat yang sangat banyak bagi kecantikan dan juga kesehatan, namun dalam penggunaannya juga tidak boleh berlebihan agar terhindar dari rasa gatal hingga iritasi.

Beberapa manfaat tanaman lidah buaya yaitu:

1. Penumbuh rambut
Mula-mula bersihkan lidah buaya dan cuci terlebih dahulu, lalu belah batang lidah buaya menjadi dua. Usapkan bagian dalam lidah buaya yang berbentuk gel dengan merata ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan bersih. Lakukan selama 3 bulan secara rutin dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut kamu.

2. Melembabkan kulit wajah
Tanaman lidah buaya dapat memperlambat penuaan pada kulit wajah, karena efek dari lidah buaya dapat mengurangi efek sinar UV yang terkena kulit wajah. Selain gel dari lidah buaya dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan noda kusam pada wajah.

3. Metabolisme tubuh
Lidah buaya memiliki khasiat sebagai menghilangkan panas dalam. Jaman dahulu lidah buaya juga digunakan sebagai obat proses pencernaan tubuh. Selain itu lidah buaya juga dapat meredakan radang tenggorakan.

4. Luka bakar
Ternyata gel lidah buaya juga dapat berguna untuk meminimalisir kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan api atau luka bakar dengan cara mengoleskan gel daging daun lidah buaya pada luka dan diamkan beberapa menit hingga khasiat dari lidah buaya meresap pada kulit.
 
5. Menghilangkan bisul
Daun lidah buaya juga dapat menghilangkani bisu. Caranya, ambil daun lidah buaya kemudian ambil bagian dalamnya dengan ditambah sedikit garam. Kemudian ditempelkan ke bagian bisul, maka dari itu bisul dapat kering dan hilang dengan sendirinya.
 

Penulis: Nico Howie       Editor: Harkat