Pernahkah kamu mengalami cemas, terutama saat akan menghadapi ujian di kampus? Nah, kamu bisa menerapkan tips ini agar terhindar dari rasa cemas yang berlebihan dalam mempersiapkan ujian di kampus sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

1.Rencanakan Waktu Belajar
Kamu perlu membuat rencana dalam waktu belajar, agar kamu siap ketika akan menghadapi ujian. Persiapan yang matang jauh-jauh hari sebelum waktu ujian akan lebih efektif daripada belajar sehari sebelumnya atau yang sering dikenal dengan SKS (Sistem Kebut Semalam). Dan kamu bisa fokus lebih dahulu pada mata pelajaran yang kamu kurang kuasai.

2.Mengulang Tes Yang Lalu
Kamu bisa membuat soal latihan seperti kuis yang sudah pernah dilakukan di kelas. Jadi kamu lebih terbiasa dalam menghadapi bentuk pertanyaan yang kurang lebih sama dengan ujian. Begitu juga dengan latihan yang diberikan oleh dosen.

3.Utamakan Pemahaman
Pastikan kamu mengerti akan konsep atau teori dalam pelajaran tersebut. Dengan memahami konsep yang diajarkan, akan sangat membantu kita ketika menghadapi soal ujian tersebut.

4.Belajar Secara Efektif
Bahan ujian biasanya mencakup semua materi yang diajarkan di semester itu, dan itu berarti bahan yang buaaaanyak. Akan memakan waktu lama dan kurang efektif bila kamu membaca semua bahan pelajaran dari buku cetak atau power point yang diberikan dosen. Kamu dapat menggunakan highlighter atau menggaris bawahi poin penting di buku tersebut. Atau kamu dapat membuat catatan sendiri berisi poin utama dalam pelajaran tersebut.

Nah, dengan mempraktekan tips-tips di atas, bisa dijamin kalau kamu bisa menghindari kecemasan yang berlebihan saat menghadapi ujian. Bahkan bukan tidak mungkin kalau kamu bakal bisa sukses ujian dan dapet nilai yang bagus. 


Penulis: Tini Puja     Editor: Harkat