Gak kerasa udah menuju penghujung tahun 2018. Selamat merayakan natal dan liburan tahun baru 2018 ya. Tapi Commuters, sadar kah kamu kalau setiap hari raya, pasti punya warna yang identik. Halloween identik dengan warna kuning-oranye kayak buah labu, Valentine pasti identik sama warna pink, sedangkan Natal identik sama warna hijau-merah & putih. Tapi kamu tau gak, kenapa natal identik dengan warna hijau-merah & putih?

Pertama, Hijau

Warna hijau pada tanaman Evergreen, seperti Holly, Ivy dan Mistletoe telah dipakai selama ribuan tahun untuk menghias dan mencerahkan bangunan selama musim dingin yang panjang dan gelap.

Sekarang penggunaan hijau yang paling umum saat Natal adalah pada Pohon Natal.

Kedua, warna Merah

Penggunaan awal warna merah saat Natal adalah apel di pohon surga. Merah juga berasal dari warna Berry Holly, yang konon mewakili darah Yesus saat ia meninggal di kayu salib.

Selain itu, Jubah yang dikenakan oleh St Nicholas adalah Merah dan kemudian juga menjadi seragam Santa!

Ketiga, warna Emas

Sadar kah kamu, Sebuah bintang berwarna emas biasanya diletakkan di puncak pohon Natal. Emas adalah warna Matahari dan cahaya terang. Kedua warna ini ternyata penting banget untuk musim dingin yang gelap.

Keempat, warna Putih

Kepingan kristal putih salju, sering dikaitkan dengan kemurnian dan kedamaian dalam budaya barat. Salju musim dingin juga putih banget!

Makanya identik dengan Natal yang selalu dalam suasana salju musim dingin.

Terakhir, warna Biru

sering dikaitkan dengan Maria, ibu Yesus. Jadi, waktu abad pertengahan, warna biru ternyata lebih mahal dari emas! Makanya gak heran, warna itu cuma dipakai oleh keluarga kerajaan dan orang-orang yang sangat kaya.