1. Saus Tomat

Saus tomat menjadi makanan pendamping yang membuat makanan jauh lebih lezat. Sayangnya, saus tomat mengandung kadar gula yang cukup tinggi, yakni hampir mencapai 27gram di setiap 100gram saus tomat.

2.Yogurt

Yogurt memang terbukti ampuh memperlancar buang air besar, berkat kandungan serat serta buah-buahan di dalamnya. Namun, selain kandungan itu, sering terabaikan oleh konsumen, kalau yogurt mengandung banyak gula. Kandungan gula dalam yogurt setiap porsi bisa mencapai 20gram. Sebaiknya sebelum kamu membeli yogurt, pastikan terlebuh dahulu untuk melihat kandungan gula pada labernya.

3.Sereal

Sereal menjadi menu pilihan sarapan yang paling mudah disajikan. Namun, banyak sereal yang menambahkan gula untuk menambahkan kualitas rasa. Apa lagi pada sereal anak biasanya banyak mengandung gula tersembunyi. Lagi-lagi cek kembali komposisi yang tertera pada kemasan.

4.Saus Pasta

Selain nasi, pasta sering dipilih untuk menggantikan sumber karbohidrat yang dikonsumsi oleh tubuh. Terlebih kandungan karbohidrat pada pasta memang lebih baik dibanding nasi. Namun, harus menjadi perhatian bagi Anda, kalau saus pasta yang sering digunakan pada pasti, bisa mengandung gula sebanyak 40gram atau setara dengan 12 sendok teh dari tiap porsinya.

5.Salad

Salad memang terdengar menjadi salah satu makanan yang paling sehat. Hal itu memang benar, namun sayangnya konsumsi salad yang salah, dengan menambahkan dressing atau saus yang berlebihan justru menambah kalori dan gula lho! Karena saus salad kemasan khususnya banyak mengandung gula tinggi.  Terutama pada produk-produk yang mencantumkan low-fat (rendah lemak). Karena saat lemak diambil, gula justru ditambahkan untuk menjaga rasa tetap nikmat.