FIlm Makmum tayang perdana pada hari ini Kamis (15/8/2019), merupakan film garapan sutradara Hadrah Daeng Ratu yang terinspirasi dari film pendek karya Riza Pahlevi.

Film Makmum ini memiliki alur cerita yang serupa dengan versi film pendeknya, film Makmum menceritakan tentang gangguan sosok gaib yang dialami para murid penghuni asrama.

Kalau kamu yang sudah nonton versi film pendeknya, pasti sudah familiar dengan sinopsis film Makmum yang  menyuguhkan kesan horor dengan sosok gaib yang menyerupai wanita yang memakai mukena.

Berikut trailer film makmum yang tayang hari ini, Kamis (15/08/2019)


Berikut ini fakta-fakta mengenai Film Makmum yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Diadaptasi dari film pendek

Film Makmum ini terinspirasi dari film pendek yang sudah rilis pada (11/10/2016). Film ini merupakan hasil karya Riza Pahlevi, sutradara yang berasal dari Yogyakarta. Awalnya ia ragu untuk menjadikan film pendeknya diangkat di layar lebar yang disutradai oleh Hadrah Daeng Ratu. Namun, setelah beberapa kali mengadakan pertemuan diantara kedua belah pihak akhirnya persetujuan itu muncul.

Di versi film pendeknya film Makmum tayang dengan durasi 7 menit, lalu dikembangkan untuk film layar lebar menjadi 91 menit. Meskipun terinspirasi dari film pendek, Riza Pahlevi mengaku telah menuangkan kerja kerasnya supaya penonton dapat menikmati film Makmum walaupun belum pernah menonton film pendeknya.

2. Film Makmum Tayang di 4 Negara

Berdasarkan akun media sosial Instagram resmi Film Makmum (@makmummovie), film ini akan ditayangkan serentak di 4 negara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Ketiga negara tetangga tersebut dipilih berdasarkan tingginya antusiasme penonton dari negara-negara tersebut. Hal ini disebabkan karena film ini memiliki latar kedekatan budaya yang hampir mirip dengan Indonesia.

Baca juga: 'Makmum' Tayang di 4 Negara, Tak Sia-sia Keimanan Titi Kamal Diuji

3. Film Horor Pertama Titi Kamal

Titi Kamal, aktris cantik berusia 37 tahun ini, sudah pasti tidak asing lagi di kalangan penikmat film layar lebar. Dalam film Makmum, Titi Kamal memilki peran utama penting sebagai perempuan misterius yang biasa merias wajah jenazah.

Adanya peran tersebut menjadi debut film horor bagi Titi Kamal selama ia berkarir di dunia perfilman Indonesia. Dan, menjadi tantangan bagi Titi Kamal karena memainkan karakter yang berlawanan dengan sifat aslinya.

4. Film Genre Horor dan Religi

Sebagian besar orang pasti sudah familiar dengan genre horor, nah bagaimana dengan genre religi?

Dalam masyarakat Indonesia, kedua genre tersebut masih melekat erat dengan kebudayaan Indonesia dan menariknya Film Makmum menggabungkan kedua genre ini.

Adanya kedua genre dalam satu film, membuat sang sutradara film pendek Makmum, Riza Pahlevi melakukan riset ke tokoh agama terlebih dahulu, seperti tentang salat. Riset ini dilakukan untuk mencegah kekeliruan dan kontra dalam ranah agama.

5. Kejadian mistis saat syuting

Proses syuting yang dilakukan oleh para pemain dan kru film Makmum  menyimpan kejadian mistis. Salah satunya dialami oleh Tissa Biani yang mendengar bisikan saat melakukan adegan salat. Kejadian mistis tersebut rupanya memiliki kesamaan dengan scene film makmum tersebut.

Tak hanya itu, kejadian mistis lainnya seperti suara mistis seperti orang sesak napas dan suara bising di kamar mandi lokasi syuting. Kabarnya, lokasi syuting Film Makmum merupakan salah satu bekas rumah sakit paru-paru pada tahun 1920.

6. Pro & Kontra Film Makmum

Sejak kemunculan film Makmum versi pendek, ada ragam kontra berupa kritikan yang menganggap bahwa film ini mampu membuat penonton takut untuk melaksanakan ibadah salat sendirian dan salat di malam hari.

Sedangkan, menurut para pembuat film yang berada pada sisi pro, menganggap film ini memiliki pesan moral supaya tiap insan manusia lebih meningkatkan iman dan kekhusyukan saat beribadah.