Biasanya apasih yang akan kamu lakukan kalo kamu sudah tidak menggunakan barang yang kamu punya ? kamu biarkan begitu aja sampai menumpuk di ruangan atau kamu buang?

Barang bekas memang suka disepelekan ya, padahal barang bekas itu bisa kita manfaatkan loh. Dengan sedikit sentuhan kreatif, kamu bisa loh mengolah barang-barang bekas menjadi hiasan rumah atau sebagai tempat untuk peralatan-peralatan di rumah kamu.

Untuk membuat barang bekas kamu jadi berguna, kuncinya adalah kreativitas dan kesabaran kamu dalam mengerjakannya, dan berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat barang bekas menjadi barang berguna dan mudah dibuat yang bisa kamu aplikasikan sendiri:

1. Mengubah Kaleng Bekas Susu menjadi Barang Serba Guna

Bagi Anda yang mengonsumsi dalam kemasan kaleng, sebaiknya jangan Anda buat bekas kaleng tersebut, karena kaleng tersebut bisa diolah menjadi barang unik yang seperti tempat alat tulis, maupun dibuat celengan untuk wadah uang koin Anda. Alat yang dibutuhkan: kaleng kosong bekas susu atau permen, kertas foto, printer warna, gunting/cutter, lakban/lem.

Cara membuatnya: Bersihkan kaleng bekas Anda terlebih dahulu, dan pastikan Anda telah mencari gambar unik yang dicetak untuk ditempel di kaleng. Anda juga bisa menggunakan stikel untuk hiasan kaleng ini.

2. Membuat Tempat Tissue dari Koran Bekas

Koran yang menumpuk di rumah Kamu ternyata bisa di manfaatkan buat membuat tempat tisu. Untuk membuatnya bahan yang Kamu butuhkan hanya koran bekas, lakban, gunting, dan lem.

Cara membuatnya: Pertama, Kamu bisa menggulung bekas koran sebanyak-banyaknya dengan besaran yang sama disetiap gulungannya. Gulungan tersebut kemudian dibuat menjadi dua ukuran, ukuran yang lebih panjang untuk bagian bawah dan atas kotak, sementara ukuran yang lebih pendek untuk bagian samping kotak.

Kedua, susun gulungan pertama membentuk persegi panjang dengan menggunakan lem supaya tidak mudah lepas. Gunakan dua susunan untuk bawah dan atas kotak. Kemudian lubangi susuan bagian atas sebagai tempat untuk mengambil tissue.

Ketiga, susun gulungan kedua membentuk persegi panjang dan persegi dan gabungkan bagian bawah dan samping menggunakan lakban. Setelah itu gabung bagian atasnya menggunakan lakban juga. Kerajinan tangan dari koran bekas siap digunakan.

3. Membuat Bunga dari Sedotan

Bahan yang diperlukan untuk membuat bunga dari sedotan ini yaitu, sedotan, gunting, lem, dan pot bunga untuk wadah.

Cara membuatnya: pertama potong sedotan dengan ukuran yang sama, lipat dan gabungkan hingga membentuk bunga, berikan tangkai. Untuk membuat tangkainya, bisa menggunakan sedotan yang lebih keras. Gunakan lem untuk menyatukan tangkai dan bunga, dan terakhir masukan ke dalam pot bunga.