Sejak dulu Indonesia kaya akan jamu dan obat tradisionalnya, dan sekararang Indonesia harus bangga, karena jamu dan obat tradisional asal Indonesia ikut meramaikan ajang The 2nd China Traditional Chinese Medicine Industry Expo (TCMIE) di Kota Longxi, Provinsi Gansu, China.

Dalam pameran itu, banyak jenis produk jamu dan obat tradisional Indonesia dikenalkan oleh delapan perusahaan yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia (GP Jamu).

Dikutip dari ANTARA, Indonesia dan China memiliki potensi besar dalam pengembangan obat-obatan tradisional. Sejak zaman nenek moyang ada 300 dari lebih 30 ribu jenis tanaman dan hewan di Indonesia yang telah diproduksi sebagai jamu dan obat tradisional.

Menurut Wakil Duta Besar RI untuk China Listyowati "Kedua negara ini diberkahi dengan ramuan tradisional, termasuk rempah-rempah yang beraneka ragam”.

Sedangkan menurut Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito, dengan aktif dan terlibatnya Indonesia di ajang ini, menjadi komitmen bagi Indonesia untuk mempromosikan pengobatan tradisional.

Selain itu, Indonesia dan China juga menandatangani kontrak kerja sama untuk saling promosi produk obat-obatan tradisional.

masyarakat Indonesia sendiri sudah banyak mengkonsumsi Jamu dan obat tradisional. Hal ini semakin melekat karena efek samping dari jamu dan obat tradisional dinilai lebih kecil ketimbang obat kimia.

Berikut beberapa rempah-rempah yang biasa dijadikan obat dan ramuan tradisional yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kunyit

Bahan rempah ini biasanya diolah menjadi jamu kunyit asam. Kandungan pada kunyit bisa membantu melancarkan siklus menstruasi pada wanita. Jika diminum secara rutin, kunyit asam juga bisa menghilangkan bau badan.

2. Jahe

Jahe dikenal dengan rasanya yang menimbulkan kehangatan. Jahe bisa diolah dengan cara direbus atau dibuat menjadi wedang. Manfaatnya yaitu bisa meringankan sakit kepala, perut kembung, dan bisa meredakan flu.

3. Kencur

Kencur bisa diolah dengan beras dan ditumbuk menjadi jamu beras kencur. Rempah-rempah ini dapat bermanfaat meringankan rasa pegal, gatal, dan batuk.

4. Temulawak

Temulawak memiliki kandungan antiradang, antioksidan, dan antibakteri. Temulawak juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan dan mengatasi gangguan pencernaan.